S1 Pendidikan Agama Islam
_
Tentang Prodi
_
Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI). Berdiri yang paling pertama sejak tahun 1999 dengan nomor; E/29/2000. Status Terakreditasi dari BAN-PT Nomor : 0191/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017
Nor Mubin, S.Ag, M.Pd
Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam
Visi
Terwujudnya proses pembelajaran ilmu Agama yang komprehensif, sehingga dapat melahirkan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang menguasai ilmu Pendidikan Agama Islam yang berkemampuan dalam kajian Ilmu Pendidikan Islam lainnya.
Misi
- Mengembangkan dan memajukan ilmu Pendidikan Agama Islam melalui penyelenggaraan pembelajaran dan penggunaan metodologi serta strategi ilmu Pendidikan Agama Islam;
- Mencetak sarjana muslim yang bertaqwa dan berakhlaqul karimah dengan menjadikannya kampus sebagai sarana dan wahana pengetahuan keagamaan;
- Mencetak sarjana yang profesional dan berwawasan keagamaan yang luas melalui kajian ilmiah yang mendukung pengembangan metode dan strategi keilmuan yang relevan dengan karakteristik dan kondisi kearifan local;
- Melaksanakan kajian, pengembangan, dan pengabdian pada masyarakat dengan melaksanakan berbagai pengembangan metode pendekatan ilmiah pendidikan keagamaan yang relevan dengan kondisi dan situasi masyarakat.
Tujuan
- Melaksanakan pembelajaran untuk memajukan ilmu pengetahuan di bidang ilmu Pendidikan Islam,
- Mencetak sarjana muslim yang bertaqwa, berakhlaqul karimah dan bisa menjawab tantangan zaman.
- Mencetak sarjana yang profesional dan berwawasan keagamaan yang luas, serta mempunyai keterampilan sesuai perkembangan ilmu serta metodologinya.
- Mengaplikasikan peran dan fungsinya dalam proses pembangunan masyarakat dan meningkatkan kepekaan sosial serta mampu menjawab tantangan seiring dengan laju industrialisasi dan modernisasi.
- Mempunyai nilai dan wawasan Pendidikan Agama Islam yang dinamis dan mempunyai karakter yang sesuai dengan kearifan lokal dan kepribadian bangsa.
Kompetensi Lulusan
- Tenaga pendidik professional sebagai guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berkepribadian luhur serta mampu mengimplementasikan berbagai metode terapan Pendidikan Agama Islam
- Tenaga ahli di bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) dan berkemampuan baik dalam berkomunikasi serta penyampaian pengetahuan keagamaan (Religius of transfer knowledge) utamanya yang berbasis pesantren.
Mata Kuliah
SEMESTER I
No | MK | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | MKB | PAI301 | Al-Qur’an I | 3 |
2 | MPK | DT101A | Pengantar Studi Islam * | 2 |
3 | MPK | DT102A | Pancasila * | 2 |
4 | MPK | DT103A | Bahasa Indonesia/TPKI | 3 |
5 | MPK | DT104A | Bahasa Arab * | 3 |
6 | MPK | DT105A | Bahasa Inggris * | 3 |
7 | MPK | DT106A | IAD,IBD,ISD | 2 |
8 | MKB | PAI303 | Fiqih I | 2 |
9 | MPK | DT107A | Pengantar Filsafat | 2 |
10 | MKK | PAI211 | Aswaja Ke-Nu-an | 2 |
Jumlah | 24 |
SEMESTER II
No | MK | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | MPK | DT109A | Kewarganegaraan | 2 |
2 | MPK | DT112.2 | Bahasa Arab II | 2 |
3 | MPK | DT113.2 | Bahasa Inggris II | 2 |
4 | MKK | PAI201 | Ilmu Pendidikan * | 2 |
5 | MKB | PAI307 | Sejarah Peradaban Islam | 3 |
6 | MPK | DT110A | Studi Al-Qur’an * | 2 |
7 | MPK | DT108A | Filsafat Ilmu | 2 |
8 | MPK | PAI101 | Aqidah Ilmu Kalam | 2 |
9 | MKB | PAI303.2 | Fiqih II | 2 |
10 | MKK | PAI202 | Pengantar Psikologi | 2 |
Jumlah | 21 |
SEMESTER III
No | MK | Kode MK | Matakuliah | SKS |
1 | MPK | DT111A | Studi Hadist * | 2 |
2 | MKK | PAI210 | Ilmu Pendidikan Islam | 2 |
3 | MKK | PAI204 | Filsafat Pendidikan Islam | 2 |
4 | MPK | DT112.3 | Bahasa Arab III | 2 |
5 | MKB | PAI302 | Tafsir Tarbawi | 2 |
6 | MKB | PAI303.3 | Fiqih III | 2 |
7 | MKB | PAI306 | Materi PAI MTs-MA * | 3 |
8 | MKK | PAI206 | Psikologi Belajar | 2 |
9 | MKB | PAI321 | Bimbingan dan Konseling Islam | 2 |
10 | MPK | DT113.3 | Bahasa Inggris III | 2 |
Jumlah | 21 |
SEMESTER IV
No | MK | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | MKB | PAI316 | Model & Strategi Pembelajaran PAI | 3 |
2 | MKK | PAI207 | Sejarah Pendidikan Islam | 3 |
3 | MPK | PAI102 | Akhlak Tasawwuf | 2 |
4 | MKB | PAI308 | Materi PAI SMP-SMA | 3 |
5 | MKB | PAI317 | Teknologi & Media Pembelajaran PAI | 3 |
6 | MKB | PAI322 | Pengelolaan Pembelajaran/Kelas | 2 |
7 | MKB | PAI312 | Pengantar Kurikulum | 2 |
8 | MKK | PAI205 | Psikologi Perkembangan | 2 |
9 | MPK | PAI114 | Logika dan Mantiq | 2 |
Jumlah | 22 |
SEMESTER V
No | MK | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | MKB | PAI320 | Desain dan Perencanaan Pembelajaran PAI* | 3 |
2 | MKK | PAI208 | Sosiologi Pendidikan | 2 |
3 | MKB | PAI313 | Pengembangan Kurikulum PAI * | 3 |
4 | MKB | PAI310 | Statistik Pendidikan | 3 |
5 | MKK | PAI203 | Psikologi Pendidikan | 2 |
6 | MPB | PAI401 | PPL 1 (Micro Teaching) * | 3 |
7 | MPK | PAI111 | Ushul Fiqih | 2 |
8 | MKB | PAI323 | Administrasi & Supervisi Pendidikan | 2 |
9 | MKB | PAI318 | Manajemen Kepemimpinan | 2 |
Jumlah | 22 |
SEMESTER VI
No | MK | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | MKK | PAI209 | Politik dan Etika Pendidikan Islam | 2 |
2 | MKB | PAI314 | Metodologi Pembelajaran PAI | 3 |
3 | MKB | PAI315 | Evaluasi Pembelajaran PAI * | 3 |
4 | MKB | PAI309 | Metodologi Penelitian PAI | 3 |
5 | MPB | PAI402 | Profesi Keguruan | 2 |
6 | MBB | PAI502 | PPL II (Real Teaching) | 4 |
7 | MKB | PAI305 | Masailul Fiqhiyah | 2 |
8 | MBB | DT301A | Kewirausahaan | 2 |
Jumlah | 21 |
SEMESTER VII
No | MK | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | MKB | PAI311 | Penelitian Tindakan Kelas (PTK) | 2 |
2 | MKB | PAI324 | Komprehensif | 3 |
3 | MBB | DT501A | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 4 |
4 | MBB | DT502A | Islamologi | 2 |
5 | MKB | PAI325 | Desain Penulisan Penelitian | 2 |
6 | MKB | PAI319 | Manajemen LPI | 2 |
Jumlah | 15 |
SEMESTER VIII
No | MK | Kode MK | Matakuliah | SKS |
1 | MPB | DT401A | Seminar Proposal | 2 |
2 | MPB | DT402A | Skripsi | 6 |
Jumlah | 8 |